Dapat 3 Medali di Pra-PON XX Zona 2 Mahasiswa Untag Surabaya Lolos PON 2020

Mahasiswa Untag Surabaya kembali menorehkan prestasi diajang Nasional. Dia adalah Fitria Hartani, mahasiswa Fakultas Psikologi Untag Surabaya yang berhasil membawa pulang 3 medali dalam kejuaraan Pra Pon XX Zona 2 Surabaya, (27/09 – 01/10). 3 medali itu adalah juara 1 kategori boulder team, juara 2 kategori boulder perorangan, dan juara 3 kategori combine.

Saat di wawancarai, Fitri menjelaskan bahwa dalam olahraga panjat tebing ada 4 kategori yang dipertandingkan, yaitu lead climbing, speed climbing, bouldering dan combine. Jenis pemanjatan lead climbing yaitu runner to runner,dimana pemanjat memanjat dari bawah dengan mengaitkan tali pengaman ke quickdraw yang sudah dipasang padahanger (runner), dan runner terakhir yang dipasang pada jalur pemanjatan menjadi top (puncak) untuk pemanjat capai. Penilaian kategori ini ditentukan oleh titik tertinggi yang dicapai pemanjat dengan waktu yang tercepat. Sedangkan pada kategori speed climbing ini dua pemanjat beradu cepat untuk mencapai top dengan tali yang sudah terpasang pada anchor.

‘’Saya kemarin ikut dikategori bouldering, yaitu memanjat 4 rute tebing buatan dengan matras tebal dibawahnya. Dalam setiap rutenya diberi waktu maksimal 4 menit untuk menyelesaikan dengan diperbolehkan memanjat beberapa kali. Tetapi pemenang dari kategori ini adalah jumlah panjatan paling sedikit dalam waktu yang ditentukan itu. Selain itu, saya juga ikut di kategori combine, yaitu kategori baru dalam panjat tebing yang menggabungkan semua penilaian dari 3 kategori sebelumnya,’’ ungkapnya saat wawancara melalui telepon, (14/10).

Wanita yang menekuni panjat tebing dari usia 10 tahun itu mengaku memang mempunyai hobi manjat sejak kecil. Kemudian ikut dalam sebuah club panjat tebing yang bernama ‘’Rock Hobbies Center’’ pada tahun 2005 sampai 2008. Lalu, pada tahun 2009 masuk jadi atlit KONI Jawa Timur sampai sekarang.

‘’Awalnya tidak menyangka kalau hobi yang saya tekuni akan membawa saya mendapatkan banyak prestasi. Karena memang dari kecil sudah suka sama panjat tebing. Alhamdulillah mengenai pengalaman selama menjadi atlit sudah banyak prestasi yang saya dapatkan ditingkat Nasional maupun Internasional. Seperti pada PON 2012 saya mendapatkan 1 emas dan 1 perak, PON 2016 mendapatkan 2 medali perak, dan tahun depan masuk lagi di PON 2020. Semoga bisa memberikan yang terbaik juga,’’ imbuh Fitri.

Terakhir, mahasiswa asli Gresik itu berharap bisa menjadi atlit terbaik yang membanggakan keluarga, nama Jawa Timur serta orang terdekat yang selalu support selama ini

‘’Sementara untuk pertandingan atau kompetisi terdekat ini tidak ada, karena saat ini saya masih fokus berlatih di Jepang sampai akhir bulan Oktober 2019 untuk mempersiapkan PON 2020 besok. Semoga dapat mengikutinya dengan lancar, bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga dan bisa membawa nama baik Jawa Timur,’’ tutup mahasiswa Fakultas Psikologi itu.
Sumber : warta17agustus.com

Sistem ini meliputi Sistem Alumni, Pencarian Lowongan Kerja Dan Pengajuan Beasiswa.

  1. Login dan password yang digunakan adalah yang login yang digunakan di akses sistem akademik Untag Surabaya (sim.untag-sby.ac.id). Hal tersebut berlaku juga untuk para alumni yang telah terdaftar di Untag Surabaya

LOGIN